Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi

Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi

 Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi

Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi

Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi? 

Hallo, teman-teman ketemu lagi dengan saya di topik artikel kali ini saya akan membahas mengnai hal-hal yang berkaitan dengan yang sangat di dambakan oleh banyak orang, terutama bagi para konten kreator YouTube.

Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi? 

Agar lebih jelas dan lebih faham lagi kalian bisa simak ulasan dari saya sebagai berikut ini, dan kalian juga bisa pelajari di rumah agar nanti kedepanya kalian juga bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan tambahan yang cukup.

karena ini video penutup dari series 30 hari membuat channel YouTube
kali ini akan saya share bagaimana mengalahkan algoritma YouTube,
biar channel kalian bisa berkembang lebih cepat seperti yang saya alami, simak terus
sebelumnya ayo kita pahami dulu, apakah algoritma YouTube itu, gimana cara kerjanya
algoritma itu gampangnya semacam kode program yang ditanam di dalam sistem YouTube
yang menggerakan mesin di dalam platform YouTube
gimana channel direkomendasi, channel ditemukan penonton, dan seterusnya
semua ini dilakukan oleh algoritma YouTube
oleh sebab itu, yang perlu kita pahami adalah gimana algoritma itu bekerja, dan gimana kita mengalahkannya
Nah, sebenernya apa sih tujuan utama algoritma YouTube saat ini?
satu hal, membuat orang selama mungkin berada •
Semakin orang berada di YouTube, semakin banyak video yang ditonton, semakin banyak iklan yang nongol
Lalu, apa yang dilakukan oleh algoritma YouTube agar bisa membuat orang betah di YouTube
sejauh yang saya tahu ada 6 hal
penelusuran, rekomendasi, notifikasi, halaman trending, video disarankan, kotak subscribe
hal ini yang menurut YouTube bisa membuat orang bolak balik ke YouTube
Itu yang menjadi sumber parameter utama YouTube untuk membuat orang tetap di YouTube
6 hal ini juga yang harus kita pahami cara kerjanya, agar channel kita lebih cepat berkembang
gimana caranya video kita bisa masuk ke 6 bagian tadi
Sebelum tahun 2012 di YouTube itu yang penting view
kalau banyak yg klik akan semakin banyak direkomendasikan oleh algoritma YouTube
Akibatnya channel gede makin gede yang kecil nggak akan kemana-mana
Di tahun 2012-2016 YouTube mengubah sistem algoritmanya bukan lagi berdasarkan view,
tapi berdasarkan rata-rata durasi tonton dan waktu menonton alias watchtime
makanya kalau kita lihat, di penelusuran itu, hasilnya tidak semua yang dapet ranking itu yang viewnya banyak
channel kecil dan masih dikit viewnya pun bisa dapet ranking
karena itu tadi sistem YouTube sekarang berdasarkan watchtime
sama halnya di fitur jelajah atau home dan rekomendasi tidak semua yang nongol disitu yang viewnya gede-gede
bahkan ada yang dibawah 1000 pun bisa muncil di beranda,
ini karena sistem rekomendasi bukan berdasarkan views,
tapi berdasarkan interaksi yang terjadi di video tersebut, sambutan penonton gimana
Jadi kalau sistem peringkat YouTube sekarang seperti itu,
gimana caranya biar video kita bisa meledak di YouTube saat kita upload
Saya ada tips yang selama ini belum pernah saya share bukan karena saya pelit,
tapi karena saya lagi ujicoba karena hasilnya memuaskan menurut saya kalian bisa coba lakukan ini
saya menyebutnya MASA PENGAWASAN
Jadi gini, mas bro mbak bro… suka perhatiin ini nggak?
sehabis kita upload, baru 2 jam kemudian YouTube akan ngasih data gimana performa video kita
Nah, mengapa 2 jam kemudian, karena YouTube sedang mencatat apakah penonton ngeklik,
apakah subscriber tertarik, apakah mereka menyimak, gimana interaksinya, komen, like dan sebagainya
YouTube sedang mengamati sinyal yang diberikan penonton
dan ini yang akan terjadi selanjutnya, kalau sinyal yang didapat dari penonton itu bagus,
YouTube akan merekomendasikan ke lebih banyak orang
kalau sambutannya bagus lagi… akan disebar lagi ke lebih banyak orang
kalau itu terjadi terus-terusan… video kita bisa meledak bahkan viral karena terjadi efek bola salju
Nah, sebaliknya, kalau sambutan penonton awal dalam 2 jam pertama itu kurang bagus,
algoritma YouTube juga akan semakin mengurangi rekomendasi bahkan bisa berhenti, videomu mandeg
kalau ini yang terjadi, kita masih bisa kasih pertolongan pertama
Pertama, coba ganti thumbnail
Kedua, coba share lebih banyak
dengan catatan sharenya ke tempat yang bener, sesuai dengan topik video
Kita tunggu hingga sampai 7 hari kalau nggak ada perubahan, berarti sinyal yang diberikan oleh videomu
kurang bagus di mata algoritma YouTube
Kalau kalian menggunakan SEO atau jenis channel video kalian bisa ditonton kapan aja,
masih ada kesempatan suatu saat naik lagi bisa berbulan-bulan kemudian meledak
untuk sementara biarin aja lupakan fokus ke video selanjutnya, harus lebih baik dari yang tadi
nah, jadi untuk hal ini, ingat ya sistem peringkat YouTube itu ada 3
Berdasarkan daya tarik, apakah orang tertarik untuk menonton video itu
ini biasanya karena topik video, bisa juga dilihat dari nilai Rasio-Klik Tayang
Thumbnailmu kira-kira menarik ga, atau topiknya kira-kira bagus ga
Kedua, berdasarkan interaksi, ini berdasarkan rata-rata durasi tonton, retensi,
dan persentasi berapa kali video yang ditonton, datanya ada di analitik
Ketiga, berdasarkan kepuasan, like/dislike, komentar, share, dan sebagainya
Nah, dari ketiga hal ini saya akan fokus di masalah rata-rata durasi tonton rata-rata
Pertanyaan yang sering masuk itu begini,
berapa persen sih video yang retensinya bisa disukai algoritma YouTube?
Apakah 30, 50, 20, 40?
dari hasil riset yang saya lakukan dari berbagai sumber, katanya vdeo yang bagus itu yang retensinya 60-70%
saya nggak tahu ini bener atau nggak? karena channel ini sendiri retensinya nggak sampai segitu
terutama untuk video yang viewnya di atas 1 juta, rangenya antara 40-50 %
ada beberapa yang kisaran 30%
dari angka itu, video-video saya sudah lumayan direkomendasikan,
ditemukan di pencarian dan muncul di beranda
intinya bisa masuk ke peringkat penilaian algoritma YouTube
jadi menurut saya range segitu masih aman kalau video kalian retensinya antara 10-20%,
YouTube biasanya nggak akan memboost video itu, dicuekin
apa yang bisa kita lakukan kalau ternyata kita belum bisa membuat video yang punya retensi bagus?
kita bisa mengandalkan algoritma lain yaitu penelusuran, alias pencarian, alias search
Ada dua faktor yang berpengaruh untuk ranking di pencarian ini
pertama, dengan menggunakan metadata atau biasanya disebut SEO, pakai kata kunci
kalau kita bikin judul, isi deskripsi dan tag dengan menyamakan dengan yang diketik orang dipencarian,
akan lebih mudah untuk diranking YouTube
caranya ada di video yang ini
faktor kedua, kembali lagi berdasarkan respon dan retensi pentonton
banyak komen, like itu bisa bikin lebih mudah diranking
respon yang bagus + optimisasi metadata = ranking
tapi inget ya ranking bisa naik bisa turun,
tergantung orang lain yang bahas topik serupa videonya lebih disimak nggak juga
thumbnailnya lebih menarik atau nggak
kalau ternyata mereka lebih bagus ya rankingnya bisa turun
maka dari itu, saya menyarankan untuk menggunakan metadata atau SEO
karena biasanya creator pemula di YouTube itu masih belajar bikin video
masih belajar menentukan topik
apalagi ga peduli viewnya berapapun video kita bisa masuk ranking pencarian
kalau pakai kata kunci yang pas
Ini kesempatan yang bagus untuk YouTuber bisa menampilkan videonya ke orang-orang di penelusuran
Buat yang anti menggunakan metadata atau optimisasi kata kunci
akan rugi saat video kita belum bisa direkomendasikan oleh YouTube
nggak dapet rekomendasi nggak ketemu di pencarian pula, good bye
jadi masalah algoritma ini tolong diingat, saya akan tampilkan pointnya
pahami cara kerja algoritma yotuube
tadi sudah saya jelaskan, semoga paham ya
apa yang diinginkan oleh algoritma YouTube
yaitu membuat orang berada di YouTube,
pokoknya pada tetap di YouTube itu yang diinginkan oleh algoritma YouTube
pahami cara video kita diperingkat oleh algoritma YouTube
bagaimana videomu bisa sesuai dengan sistem peringkat tadi
pahami bagaimana videomu naikan terus kualitasnya, agar bisa diterima oleh algoritma YouTube
mengalami efek bola salju dan channelmu bisa berjaya
sekarang sekalian aja tips powerful yang pernah saya janjikan
apa yang harus kita lakukan sebagai pemula di YouTube agar channel kita bisa berkembang
Are you ready?
dari series 30 hari membuat channel YouTube ini ada 5 hal
yang harus temen-temen upayakan semaksimal mungkin
Memilih topik
Channel yang asal bikin video dan gak punya rencana, akan susah maju
Kalian harus bisa memilih topik yang tepat sekaligus paham untuk siapa video itu dibuat, manfaatnya apa
Retensi penonton
Harus bisa membuat video yang berkualitas baik dari sisi videografi maupun dari sisi manfaat
Video yang nggak disimak susah direkomendasikan YouTube
Paham optimasi
Pakai SEO, kata kunci, metadata penting agar video kita dapet ranking di penelusuran
Bisa bikin thumbnail yang menarik
Video nggak akan ditonton kalau belum di klik
Penonton ngeklik itu kalau liat thumbnail yang menarik
thumbnail itu nantinya akan dipasang bareng video lain, kalau thumbnailmu nggak menonjol akan kalah
Interaksi
Harus bisa bikin videomu mengundang komentar, like, share kalian harus kreatif di masalah ini
Tipsnya sudah ada banyak di video ini, silakan diobok-obok
5 hal ini masing-masing perlu keahlian khusus
ini mau nggak mau harus kalian kuasai
Tapi tenang aja semua ini butuh proses
Yang penting temen-temen mau belajar dan terus belajar
saya dulu memulai channel ini cuma modal 3 dari 5 hal tadi
Mau tau apa aja? nih, dari pemilihan topik karena saya paham apa yang dicari oleh YouTuber
saya bisa paham karena saya sudah menentukan niche channel ini apa, mau ditonton siapa
Makanya lebih mudah saat saya menentukan topik
Saya bisa maksimal di SEO karena saya suka riset dan suka otak-atik kata kunci
Interaksi, ini karena jenis channel ini yang memang bisa mengundang banyak komen
mau tanya, mau ngatain, mau support, mau muja-muji, mau promosi,
coba aja tuh nanti lihat di kolom komen, isinya apa
kebanyakan juga cuma minta view sama subscribe
biarin aja lah masih ada manfaatnya buat video saya dapet peringkat
3 itu yang saya bisa sisanya remuk
masalah retensi, awalnya channel ini busuk
ngomong masih kaku, audio ga jelas, editan asal-asalan pokoknya nggak enak buat disimak
kemudian masalah CTR atau thumbnail ini juga busuk
nilai CTR saya buruk sekali bahkan sampai sekarang masih terjadi nilai thumbnail saya tidak memuaskan ini
juga lagi saya perbaiki
So mana dari 5 hal tadi yang kalian bisa maksimalkan, maksimalkan sisanya pelan-pelan pelajari dan perbaiki
kalau kalian tidak mau peduli dengan lima hal tadi, dan nggak ada usaha buat belajar ya sudah
bisa ditebak channel kalian nggak ke mana-mana
selesai sudah series 30 hari membuat channel YouTube
Semoga temen-temen bisa terapin di channelnya masing-masing
Dan makin ada kemajuan buat channelnya
Saya yakin kalian bisa
Terimakasih sudah berkunjung di artikel, saya semogga bermanfaat.
Saya tunggu di sana ya, semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Channel Mudah Mencapai Syarat Monetisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel